Beranda Teknologi Mobil Baru di Eropa Wajib Pakai ‘Speed Limiter’ pada 2020

Mobil Baru di Eropa Wajib Pakai ‘Speed Limiter’ pada 2020

| 209 views
Mobil Baru di Eropa Wajib Pakai 'Speed Limiter' pada 2020Penampang instrument cluster pada Lexus NX 200t. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

CATATANJURNALIS.COM – Mulai 2022, setiap mobil baru yang dijual di Eropa wajib memiliki pembatas kecepatan (speed limiter). Hal itu merupakan keputusan Parlemen Eropa yang diawali proposal European Transport Safety Council (ETSC).

Pembatas kecepatan yang dimaksud merupakan bagian dari sistem bernama Speed Assistance (ISA). Sistem ini mengandalkan GPS (Global Positioning System) dan sistem analisa rambu lalu lintas untuk membatasi kemampuan mesin yang kemudian mengurangi kecepatan mobil.

Menurut penjelasan ETSC pengemudi tetap bisa memacu kendaraan hingga melewati batas kecepatan. Meski begitu pengemudi akan mendapat serangkaian peringatan bunyi dan visual sampai kecepatan kembali di bawah batas yang sudah ditentukan.

Sistem pembatas kecepatan sebenarnya sudah menjadi fitur di berbagai mobil, misalnya pada Mercedes-Benz. Pengemudi bisa kapanpun memilih batas kecepatan tertinggi yang diinginkan dan mematikannya dengan mudah.

Namun menurut peraturan baru di Eropa, ISA akan dipasang permanen. Bukan hanya ISA, kewajiban lain yang wajib ada pada setiap mobil baru pada 2020 adalah data loggers, autonomous emergency braking systems, lane keep assist, dan driver fatigue detection systems.

ETSC mengungkap dengan pembatas kecepatan maka kecelakaan akan berkurang 30 persen dan menyelamatkan 25 ribu orang selama 15 tahun diterapkan.

Salah satu produsen yang sudah menyatakan mendukung hal ini adalah Volvo.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here