Beranda Teknologi Grab Thinkubator Dorong Pengembangan Startup Lokal

Grab Thinkubator Dorong Pengembangan Startup Lokal

| 269 views
Grab Thinkubator Dorong Pengembangan Startup LokalGrab menyelenggarakan konferensi dan workshop Thinkubator. (Foto: CNN Indonesia/ Grandyos Zafna)

CATATANJURNALIS.COM – Grab mengadakan ajang konferensi dan workshop bertajuk Thinkubator pada Kamis (28/3). Ajang ini menjadi wadah berdiskusi dalam bentuk bimbingan dan ilmu baru dari sejumlah praktisi startup dari berbagai bidang.

Acara yang berasal dari inisiatif Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beserta jajarannya, didukung lembaga terkait seperti Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia. 

“Waktu sama Anthony (CEO Grab) saya bilang kenapa tidak bikin startup Asean. Biar  ada pemain baru muncul. Supaya ada pemuda yang dari latrar belakang keluarga menengah ke bawah. Jadi, orang kaya di Indonesia bukan hanya yang itu-itu saja,” kisah Luhut saat memberikan sambutan dalam acara Thinkubator di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Kamis (28/3).

Dalam acara ini, startup akan berdiskusi dalam satu wadah yang diberi nama Thinkubator, yaitu sebuah kompetisi yang ditujukan untuk komunitas dan pelaku startup di Indonesia.

Sekitar 1.169 startup telah mendaftarkan diri di ajang Thinkubator. Dari angka tersebut tersaring 150 startup yang berhak  mengikuti konferensidan workshop bersama para ahli di bidangnya pada hari ini (28/3) di Jakarta. 150 startup ini disaring oleh tim kurasi dari Suvarna.id, Fenox Venture, dan Grab Venture.

“Ini 1.169 dari seluruh Indonesia. Setengahnya di luar Jabodebek. Bahkan 17 startup dari luar Jawa. Uniknya co-founder dan founder kebanyakan wanita,” kata President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. 

Ridzki menuturkan dari 150 startup tersebut akan ada enam finalis terpilih untuk melakukan pitching bisnis di hadapan profesional seperti pendiri Tokopedia William Tanuwijaya, Direktur Eksekutif Kustodian Sentral Efek Indonesia Frederica Widyasari Dewi, dan Ketua CT Corp Chairul Tanjung.

Babak final Thinkubator akan disiarkan langsung di Trans TV pada Jumat (29/3), pukul 20.00 WIB. Ridzki menambahkan program Thinkubator terjadi pertama kali di Indonesia. Ke depannya Thinkubator juga akan diselenggarakan di seluruh Asia Tenggara. 

“Kami sangat bangga untuk menghadirikan program Thinkubator yang pertama di Indonesia. Program ini menjadi bukti kolaborasi liat kami dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan startup di Indonesia,” ujarnya Ridzki. 

Thinkubator dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Co-Founder Grab Tan Hooi Ling dan President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here