Beranda Teknologi Rute, Fitur Baru Grab yang Terintegrasi Transportasi Umum

Rute, Fitur Baru Grab yang Terintegrasi Transportasi Umum

| 223 views
Rute, Fitur Baru Grab yang Terintegrasi Transportasi UmumIlustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

CATATANJURNALIS.COM – Grab mengumumkan fitur baru ‘rute’ yang membantu pengguna menemukan petunjuk rute transportasi umum yang akan digunakan ketika hendak bepergian di sekitar Jabodetabek.

Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna Grabbike dan Grabcar untuk menuju dan dari stasiun, terminal bus, dan stasiun MRT.

Perusahaan yang berstatus decacorn ini bekerja sama dengan pemerintah kota, badan pengelola transportasi publik, serta perusahaan swasta untuk menyediakan fitur ‘rute’. Kemunculan fitur ini disebut sebagai komitmen untuk mendukung visi pemerintah kota mengalihkan 60 persen mobilitas perkotaan ke angkutan publik pada 2030 mendatang.

“Saat ini di Jakarta lebih dari 70 persen perjalanan harian masyarakat dilakukan dengan menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi saat mereka melakukan perjalanan dari dan ke pusat kota. Sementara itu, jumlah kendaraan bermotor telah meningkat sekitar 8,1 persen setiap tahunnya,” ungkap Rizki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia dalam keterangan resmi.

Ridzki menerangkan jika fitur ini akan memberi akses ke pilihan transportasi massal untuk penggunaan sehari-hari serta menjadi alternatif penggunaan kendaraan pribadi.

Grab mengklaim pada tiga pekan pertama sejak dirilis, hampir 500 ribu pengguna telah menjajal fitur ‘rutue’ atau ‘trip planner’.

Sebagai penghubung, fitur ‘rute’ akan menampilkan jadwal transportasi publik seperti commuterline, kereta bandara, bus TransJakarta, dan lebih dari 50 jadwal tetap bus umum di Jabodetabek. Grab mengklaim kerja sama dengan transportasi publik dapat memperluas jaringan serta mendatangkan lebih banyak penumpang.

Untuk dapat mengakses fitur ‘rute’, pengguna dapat menemukan ikon ‘rute’, atau ‘trip planning pada halaman depan aplikasi. Setelah itu, pengguna dapat memasukan lokasi awal, hingga arah tujuan, dan aplikasi akan memberikan daftar akses transportasi umum yang dapat digunakan pengguna Grabcar dan Grabbike.

Pengguna juga dapat melihat jadwal dan jalur transportasi umum melalui kolom ‘jalur’ yang ada pada fitur, sementara pada kolom ‘peringatan’, akan ditampilkan informasi  bila ada masalah yang terjadi pada salah satu jalur.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here