Beranda Internasional Arab Saudi dukung Dewan Militer Sudan

Arab Saudi dukung Dewan Militer Sudan

| 338 views
Arab Saudi dukung Dewan Militer SudanMiliter Sudan bergabung dengan pengunjuk rasa melakukan selebrasi setelah Menteri Pertahanan Awad Ibn Auf turun dari jabatannya sebagai kepala dewan transisi militer negeri tersebut, saat pengunjuk rasa menuntut perubahan politik lebih cepat, di luar Kementerian Pertahanan di Khartoum, Sudan, Sabtu (13/4/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/hp/cfo

CATATANJURNALIS.COM – Arab Saudi mengatakan pada Sabtu bahwa negaranya mendukung langkah-langkah yang diumumkan dewan militer peralihan Sudan dan mengumumkan paket bantuan kepada Sudan yang mencakup gandum, produk-produk minyak, dan obat-obatan, kata kantor berita negara Saudi (SPA).

Sudan yang merupakan sekutu Arab Saudi di Timur Tengah sedang mengalami perubahan politik setelah penggulingan Presiden Omar al-Bashir. Salah Abdallah Mohamed Saleh, yang mengepalai Badan Keamanan dan Intelijen Nasional Sudan, mundur pada Sabtu, media negara melaporkan, sehari setelah menteri pertahanan tiba-tiba mengundurkan diri sebagai pemimpin sementara, dan protes-protes tetap berlanjut menuntut perubahan.

Kepala badan intelijen dan keamanan itu yang dikenal dengan sebutan Salah Gosh pernah menjadi orang paling berpengaruh di Sudan setelah Bashir, dianggap bertanggung jawab oleh para pemerotes atas pembunuhan para pengunjuk rasa yang menuntut diakhirinya pemerintahan militer.

Menteri Pertahanan Awad Ibn Auf mengundurkan diri sebagai kepala Dewan Militer Transisi pada Jumat malam setelah hanya sehari berada di pos itu, sementara para pemerotes menuntut perubahan politik yang lebih cepat.

Kepala dewan militer yang baru, Letnan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan Abdelrahman, menerima pengunduran diri Gosh, kata kantor berita SUNA pada Sabtu.

Burhan adalah panglima militer yang diyakini lebih siap untuk berbicara dengan para demonstran.

Ia merupakan jenderal paling senior ketiga di angkatan bersenjata Sudan dan kurang dikenal di kalangan publik. Sebagai kepala pasukan darat Sudan ia mengawasi pasukan Sudan yang bertempur dalam perang Yaman pimpinan Saudi dan memiliki hubungan erat dengan para perwira militer senior Teluk.

Sumber: Reuters

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here