Beranda Nasional 1.414 personel amankan kedatangan Jokowi di Jember

1.414 personel amankan kedatangan Jokowi di Jember

| 217 views
1.414 personel amankan kedatangan Jokowi di JemberIlustrasi: Presiden Joko Widodo sudah beberapa kali mengunjungi pondok pesantren, salah satunya Pondok Pesantren Nurul Islam di Kelurahan Antirogo, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8). (FOTO : ANTARA/HO/Agung)

CATATANJURNALIS.COM – Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan sebanyak 1.414 personel gabungan akan mengamankan kedatangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang akan menghadiri kampanye terbuka di Stadion Jember Sport Garden Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin siang.

"Pengamanan di ring 1 akan dilakukan oleh pasukan pengamanan presiden (paspampres), sedangkan di ring 2 dan 3 akan dibantu Polri dan TNI, serta personel Pemkab Jember dengan total sebanyak 1.414 personel," papar Kapolres Jember AKPB Kusworo Wibowo di Jember.

Secara rinci, jumlah personel Polri terdiri dari penanggung jawab satu personel, wakil penanggung jawab satu personel, koordinator tiga personel, perwira pengendali (Padal) pengaman sebanyak delapan personel, perwira pengendali Polres 41 personel, kapolsek dan perwira polsek 43 personel, Dalmas Shabara sebanyak 48 personel.

Kemudian personel Polsek sebanyak 300 orang, Dalman Polwan sebanyak 30 personel, Satlantas 46 personel, Satintelkam 35 personel, Satreskrim 50 personel, Satresnarkoba 15 personel, Satpolair delapan personel, Propam sebanyak tujuh personel, tim negosiator sebanyak empat personel, Seksi teknologi informasi polisi (Sitipol) sebanyak dua personel, dan staf Polres Jember 44 personel.

"Kami juga dibantu oleh Brimob Polda Jatim dan Polres samping yakni 2 tim jibom sebanyak 12 personel, 2 tim Secdoor sebanyak 16 personel, 1 SSK Brimob sebanyak 94 personel, sehingga totalnya sebanyak 808 personel dari Polri," tuturnya.

Ia mengatakan Polres Jember memiliki sejumlah kendaraan taktis yang bisa digunakan sewaktu-waktu yakni truk dan bus sebanyak empat unit, roda empat sebanyak 45 unit, mobil meriam air (water canon) sebanyak 1 unit, baracuda sebanyak 1 unit, dan roda dua sebanyak 35 unit.

"Kami mengerahkan seluruh personel untuk menjaga keamanan kampanye akbar yang dihadiri Pak Joko Widodo di Stadion Jember Sport Garden dan suasana cukup kondusif di Jember," ujarnya.

Selain personel Polri, pengamanan juga melibatkan personel TNI yakni 2 SSK Kodim 0824 Jember, 1 SSK Kodim 0821 Lumajang, 1 SSK Yon Armed 8/105 Tarik, 1 SSK Yonkav 527/BY, dan 1 tim Subdenpom V/3 dengan total personel sebanyak 456 orang.

Kemudian personel Pemkab Jember terdiri dari 1 SST Dinas Perhubungan Jember, 2 SST Satpol PP Jember, 3 tim pemadam kebakaran, 3 tim kesehatan, dan 3 tim derek yang disiagakan di lokasi kampanye akbar di Stadion Jember Sport Garder.

Pantauan di lapangan, sejumlah personel Polri dan TNI sudah bersiaga di sejumlah titik dan ruas jalan menuju lokasi kampanye yang dihadiri Jokowi bersama rombongan, serta pengamanan terbuka dan tertutup juga dilakukan untuk mengamankan capres petahana tersebut.

Sebelum ke Kabupaten Jember, Jokowi dijadwalkan melakukan kampanye terbuka di alun-alun Kabupaten Banyuwangi pada Senin (25/3) pukul 09.30 WIB dan setelah dari Jember, rombongan Jokowi akan menuju Lanud Abd Saleh Malang pada pukul 17.10 WIB, kemudian Jokowi bersama rombongan TKN akan melaksanakan kegiatan di Malang dan bermalam.

Pemilu Presiden 2019 diikuti oleh dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urur 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here