Beranda Nasional Sukarelawan di Sumsel diajak tingkatkan pembinaan anak telantar

Sukarelawan di Sumsel diajak tingkatkan pembinaan anak telantar

| 195 views
Sukarelawan di Sumsel diajak tingkatkan pembinaan anak telantarSejumlah anggota suku anak dalam beristirahat di shelter penampungan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (25/4). Puluhan anggota Suku Anak Dalam yang menjalani tradisi melangun atau tradisi buang sial usai kematian anggota keluarganya ini ditemukan Dinsos tengah meminta-minta di jalanan kota dan kemudian ditampung sementara untuk menerima perawatan sebelum melanjutkan perjalanannya. (ANTARA News Sumsel /Feny Selly/Ang/18)

CATATANJURNALIS.COM – Dinas Sosial Sumatera Selatan mengajak sukarelawan dari yayasan sosial meningkatkan kegiatan pembinaan terhadap anak telantar atau anak-anak yang memiliki masalah sosial.

"Pembinaan terhadap anak yang memiliki masalah sosial yang selama ini dilakukan di panti sosial akan terus ditingkatkan dengan mengajak sukarelawan dari yayasan sosial yang memiliki kepedulian terhadap mereka," Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin Hasan di Palembang, Kamis.

Peningkatan pembinaan terhadap anak yang memiliki masalah sosial, katanya, perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya permasalahan sosial di lingkungan masyarakat.

Jika anak-anak yang terlantar tidak mendapat perhatian dan pembinaan, kata dia, keberadaannya di tengah-tengah masyarakat akan menimbulkan masalah sosial bahkan lebih dari itu seperti melakukan tindak kriminal yang dapat meresahkan masyarakat.

Untuk mencegah timbulnya masalah tersebut, kata dia, dalam proses pembinaan, pihaknya berupaya memberikan pelatihan keterampilan tertentu sesuai minat dan bakat anak-anak bermasalah itu serta diberikan bantuan modal usaha, katanya.

Ia menegaskan anak telantar sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh dibiarkan tumbuh tanpa pembinaan yang baik.

Oleh karena itu Dinas Sosial Sumsel berupaya mengajak pihak lain untuk bersama-sama melakukan kegiatan pembinaan itu.

Melalui pembinaan tersebut diharapkan anak-anak yang memiliki masalah sosial itu bisa dikembalikan ke tengah-tengah masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungannya, demikian Rosyidin.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here